Banyak Master Catur Bertumbangan Dalam Turnamen Catur Cepat Kota Tegal

yahya, 25 Aug 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Tegal. Banyaknya Pecatur berkelas master baik federasi, nasional maupun internasional disebabkan adanya persiapan yang kurang matang. Turnamen yang digelar dalam rangka memperebutkan Piala Walikota Tegal bertempat di gedung eks Samsat lingkungan Pemkot Tegal selama dua hari Sabtu dan Minggu (24 dan 25/8) tersebut dikatakan Sugeng Prasetyo yang menjuarai turnamen itu merupakan ajang yang cukup berat.

“ Semakin besar hadiah yang disajikan, akan semakin ketat persaingan para pecatur. Sebab selain pesertanya banyak, persiapan para pecatur itu sendiri juga mungkin kurang matang. Sehingga meski turnamen  tersebut diikuti sekitar 30 an master, mereka banyak yang menempati pada posisi peringkat yang kurang menguntungkan,” Ujar Sugeng pada Kantor Berita Online Jurnalis Indonesia Satu (JIS) usai menerima piala juara pertama.

Sugeng Prasetyo sendiri dalam turnamen yang diselenggarakan Percasi kota Tegal dan menduduki peringkat pertama merupakan atlet catur yang juga master nasional dengan segudang pengalaman dalam berbagai turnamen. Dalam usia yang relatif muda, terlahir 5 april 1991 Sugeng asal Jepara itu bahkan sempat mengajar disalah satu  club catur di Tiongkok selama 2 tahun. Bahkan rencananya dia akan kembali lagi ke Tiongkok untuk kegiatan yang sama mengajar catur di salah satu club catur atau semacam tempat kursus catur di negri tirai bambu tersebut. Saat ditanya aktifitas dan pekerjaannya selain bercatur, dia menjawab singkat.

“ Saya mengajar tapi sumber penghasilan besar saya justru dari hadiah-hadiah yang saya terima dari setiap turnamen yang saya ikuti,” Kata Sugeng.

Beratnya medan turnamen tersebut dapat dilihat dari banyaknya peserta yang mengikuti turnamen sebanyak 180 peserta. 30 diantaranya sudah masuk dalam kelas master seperti diantaranya selain Sugeng Prasetyo, terdapat peserta kelas master lainnya seperti Bagja Budiman, Gagarin Setiawan, Haryanto, Hudallah, Jaenal Kabudin, Joko Santoso, Lorman Jaya, Marwanto, Riky Rismanto juga terdapat nama dari kelas master federasi semacam Deni Sonjaya, Hani Marentek. Yoga Prada serta lainnya.

Menurut Ketua Percasi kota Tegal Teguh Iman Santoso,  turnamen catur cepat yang baru diselenggarkan itu merupakan turnamen catur dengan hadiah terbesar se-Jawa tengah yang pernah terselenggarakan.

“ Ini luar biasa mas. Selain pesertanya sampai 180 orang, turnamen ini juga merupakan turnamen dengan menyediakan hadiah terbesar se-Jawa tengah dalam sebuah penyelenggaraan turnamen catur,” Ujar Teguh pada Kantor Berita Online JIS, regional Jawa Tengah www.wartajateng.co.id, Minggu (25/8).

Menurut Teguh, penyelenggaraan catur yang bertajuk Turnamen Catur Cepat Perorangan Terbuka Tegal Open 2019 itu diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 74, juga memperebutkan Piala Walikota Tegal.

“ Ini juga merupakan kalender Percasi kota Tegal yang diselenggarakan tiap tahun dan selalu akan kami selenggarakan setiap bulan Agustus. Tahun kemarin juga kami selenggarakan namun untuk hadiah, tahun ini penyelenggaraan dapat menyajikan hadiah terbesar se-Jawa tengah dalam sebuah event turnamen catur,” Tambah Teguh.

Diselenggarakannya turnamen catur yang punya semboyan Gens Una Sumus atau Kita Adalah Satu yang berkesinambungan setiap tahunnya di kota Tegal, diharapkan baik oleh Ketua Percasi Teguh Iman Santoso maupun Wakil Walikota Tegal HM. Jumadi saat pembukaan untuk memancing libido kalangan muda lebih bersemangat dalam meningkatkan kemampuan dalam olah pikir catur. Sehingga diharapkan lahir atlet-atlet catur asal kota Tegal untuk menduduki pada peringkat master nasional maupun internasional.

“ Kami sangat berharap lahirnya master catur dari atlet-atlet Percasi asal kota Tegal,” Pungkas Teguh. (Anis Yahya)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu