Program PTSL Desa Kedokansayang, Kec Tarub Kab Tegal Komit Takkan Ada Pungutan Liar

yahya, 18 Feb 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Tegal. Sejak dilakukan sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap atau PTSL desa Kedokansayang Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal 16 Januari 2020 lalu hingga tulisan ini diangkat sudah mencapai 900 pendaftar. Bagi ketua panitia PTSL, Suwatno, SH, MKn optimis program PTSL pertama kali didesa tersebut akan berjalan lancar. Pasalnya pendaftaran PTSL kali ini lebih dipermudah dengan tanpa mewajibkan pembuatan berbagai jenis akte terlebih dahulu.

Persyaratan sekarang lebih mudah. Masyarakat tidak diwajibkan dengan persyaratan-persyaratan yang memberatkan, " Ujar Suwatno pada www.wartajateng.co.id, Selasa (18/2).

Mereka cukup membawa berkas seperti KTP, KK dan pajak bumi. Kemudian dilakukan verifikasi lapangan seperti pengukuran batas tanah dan yang mendukungnya.

" Bahkan dalam pengukuran batas tanah saya selaku ketua panitia melarang keras mengutip pungutan, " Ujarnya.

Proses pendaftaran meski akan berakhir antara bulan Juni/Juli, namun program dengan kuota 1100 sertifikat akan segera terselesaikan.

Desa Kedokansayang merupakan salah satu yang masuk dalam program PTSL yang menurut sumber BPN Kabupaten Tegal seluas 62.500 bidang SHT dan sebesar 65 ribu prngukuran atau fisik.

Suwatno dalam melakukan sosialisasi program PTSL untuk menghindari kesalah-pahaman dilakukan melalui Rt/Rw maupun kelompok-kelompok masyarakat.

Panitia yang terdiri dari 6 orang dan didukung 4 perangkat desa serta kepala desa Kedokansayang memberikan pembinaan kemasyarakat secara intens untuk memberi pemahaman dan memberi kepastian tentang sayarat dan biaya pendaftaran yang hanya 150 ribu rupiah sesuai perundangan yang ada. (Anis Yahya / Unt)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu